:::: MENU ::::

Pribadi | Beragi Informasi | 2020

Tren Media Sosial yang Harus Kamu Ketahui

Melihat tren media sosial sekarang ini seperti melihat ‘pasar’ yang penuh dengan hiruk pikuk aktivitas manusia. Bedanya, di media sosial yang beraktivitas adalah akun-akun yang dimiliki oleh berbagai jenis orang. Mulai dari akun biasa, akun korporat, hingga akun public figure yang memiliki sangat banyak pengikut. Namun jika kamu perhatikan dengan seksama, ada hal-hal yang cukup menonjol dari tren ini.

Tidak dapat dipungkiri awal kemunculan media sosial ditujukan untuk memudahkan komunikasi dan pertukaran informasi antara satu pihak dengan pihak lain. Namun seiring berjalannya waktu, tren media sosial perlahan bergeser dan mulai diorientasikan untuk bisnis komersial. Tak heran jika kemudian di industri kreatif, pemasaran melalui media sosial jadi satu pilar baru yang harus diperhatikan.

Nah, mungkin kamu belum sadar jika tren media sosial saat ini sudah banyak berubah dari awal kemunculannya. Berikut beberapa tren media sosial yang kini ada, dan sebaiknya kamu ketahui. Siapa tahu, bisa membuka peluang baru untuk produktivitas mu, ya ‘kan?

Tempat Belanja dan Berjualan

Saat ini, tidak sedikit UMKM yang memilih menjajakan produknya melalui media sosial. Selain karena dinilai lebih ekonomis, media sosial juga memudahkan pengusaha kecil untuk menjangkau pasar yang lebih luas cakupannya. Tidak heran, usaha yang diproduksi di Jawa Tengah misalnya, bisa memiliki pelanggan di area Fak Fak atau Aceh. 

Hal ini karena konten yang dikirimkan di media sosial benar-benar dapat dilihat oleh semua orang yang ada di dunia. Penggunaan hashtag atau tanda ‘#’ biasanya dimanfaatkan untuk menggolongkan produk tertentu sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencarinya. Sekarang, kamu juga bisa menjadi pengusaha tanpa harus memikirkan tempat atau toko yang memakan biaya besar.

Aktivitas Influencer

Seiring berjalannya tren media sosial, muncul banyak orang dengan pengikut yang besar. Biasanya orang ini memiliki postingan konten yang menarik dan disukai banyak orang, sehingga menarik orang untuk mengikuti setiap konten yang di-posting. Influencer, begitu sosok ini disebut, bisa diartikan sebagai orang yang memiliki banyak pengikut dan dapat menyebarkan pengaruh, tren, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Tentu dengan sorotan yang besar dari para pengikutnya, influencer kemudian memiliki kesempatan menjadi media beriklan dari produk-produk yang berkaitan dengan konten yang diunggahnya. Di sini, influencer kemudian bisa menjadikan exposure sebagai ladang bisnis dan promosi. Tak heran bukan jika belakangan banyak sekali orang yang berupaya menarik perhatian di media sosial?

Tren Media Sosial, Konten Berupa Video

Apakah kamu menyadari jika belakangan semakin banyak konten, di platform manapun, yang berupa video? Hal ini merupakan tren media sosial yang terus melonjak dan semakin diminati karena dinilai lebih interaktif dan bisa menyampaikan lebih banyak informasi. Dibandingkan dengan konten poster atau tulisan, video dinilai lebih dapat menarik perhatian banyak orang.

Lalu apa peluang yang bisa kamu dapatkan? Dengan mulai belajar memproduksi konten berupa video, kamu bisa memanfaatkan tren ini. Pembuatan video juga kini semakin dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi editing, sehingga kamu bisa terus memanfaatkan celah yang tersedia. Jika dahulu editing video memerlukan perangkat yang cukup mahal, kini kamu bisa dengan mudah mengunduh aplikasi ini secara gratis.

Segmentasi Pasar Media Sosial

Jika kamu menggunakan berbagai platform media sosial, tentu kamu sadar bahwa suasana dan watak pengguna setiap media sosial berbeda-beda. Misalnya saja, Twitter memiliki netizen yang gemar mengeluarkan data untuk mendukung argumennya (entah data valid atau tidak jelas), Instagram memiliki netizen yang lebih fokus pada konten visual, dan lain sebagainya.

Pemahaman pada segmentasi pasar media sosial agaknya sudah jadi hal wajib untuk kaum muda seperti kamu, agar dapat melihat peluang lebih baik. Dengan memahami watak dan environment setiap media sosial, akan memudahkan kamu dalam menggunakan media tersebut untuk kepentingan produktif. Hal ini tidak terlalu sulit untuk pengenalan, kamu hanya perlu memperhatikan dengan teliti konten yang ada di media sosial yang kamu gunakan.

Melihat tren media sosial tentu harus dilakukan dengan bijak. Karena perubahan yang terus terjadi, maka tren yang ada juga akan terus berkembang. Bukan tak mungkin suatu saat media sosial juga bisa digunakan untuk berbagai hal lain yang kini tidak mungkin. Perkembangan teknologi yang ada benar-benar akan mengubah banyak hal di masa depan.

Tren media sosial yang disampaikan di atas mungkin hanya di bagian permukaannya saja. Untuk lebih mendalaminya, kamu harus banyak belajar dari jurnal ilmiah, sehingga mendapatkan pemahaman lebih baik. Tentu, penggunaan media sosial juga tak akan bisa berjalan optimal jika tidak didukung jaringan Internet yang berkualitas, bukan? Untuk urusan ini, kamu bisa menggunakan layanan dari Biznet Home. Jaringan cepat, paket Internet terjangkau, serta cakupan wilayah yang luas, menjadikan Biznet Home pilihan terbaik untuk kegiatan berInternet dan media sosial.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar